Senin, 06 Juni 2011

Perintah Menutup Aurat



Assalamu’alaikum…Wr…Wb…
Bismillahirrahman Nirrahim....
       
Perintah Allah SWT, tentang kewajiban untuk menutup aurat telah Allah, kabarkan didalam Al-Qur'an Nur Karim, diantaranya:
Allah SWT berfirman:
" Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman , agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya ( auratnya ), kecuali yang biasa terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya ( auratnya ), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, putra-putra mereka, putra-putra suami mereka , saudara laki-laki mereka, putra saudara laki-laki mereka, putra saudara perempuan mereka, para perempuan ( sesama Islam ) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki ( tua ) yang tidak mempunyai keinginan ( terhadap perempuan ), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang  mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah SWT. Wahai orang-orang yang beriman agar kamu beruntung." (QS. An-Nur : 31)

Allah SWT berfirman:
 " Wahai Nabi, Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, hendaklah menutupkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka, yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah SWT Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. Al-Ahzab : 59)
       
  Dari dua kandungan ayat Al-Qur'an diatas, sudah sangat jelas menutup aurat merupakan perintah dan suatu kewajiban yang harus dilaksankan oleh seluruh muslimah, jadi jangan ditunda. Ayo...kapan lagi...???? semoga Allah SWT. selalu melimpahkan Rahmat & Hidayahnya buat kita semua....Amin Ya Rabbal'alamin... 

Nah, selanjutnya kita bahas mengenai, azab orang-orang yang suka membuka auratnya.

Rasulullah SAW, bersabda:
“ Ada dua golongan manusia yang menjadi penghuni neraka, yang sebelumnya aku tidak pernah melihatnya. Yakni, sekelompok orang yang memiliki cambuk seperti ekor sapi yang digunakan untuk menyakiti umat manusia dan wanita yang membuka auratnya dan berpakaian tipis merangsang berlenggak-lenggok dan berlagak, kepalanya digelung seperti punuk unta, mereka tidak akan dapat masuk surga dan mencium baunya. Padahal, bau surga dapat tercium dari jarak sekian-sekian.” ( HR. Imam Muslim )

Rasulullah SAW, bersabda:
“ Ada dua golongan penghuni neraka yang aku tidak pernah melihat keduanya sebelumnya. Wanita yang telanjang, berpakaian tipis dan berlenggak-lenggok dan kepalanya digelung seperti punuk unta, mereka tidak akan masuk surga dan mencium baunya. Dan laki-laki yang memiliki cambuk seperti ekor sapi yang digunakan untuk menyakiti umat manusia.” ( HR. Imam Ahmad)
Nauzubillahiminzalik….semoga kita semua tidak termasuk dalam golongan tersebut…Amin Ya Rabbal’alamin…

Kesalahan- kesalahan muslimah dalam berbusana:
1.         Pakaian  yang  singkat / pendek
Menurut riwayat Imam Tarmizi dan Nasai dari Ummu salamah ra. “Ya Rasulullah, bagaimana perempuan akan berbuat kain-kain mereka yang sebelah bawah?”.
Sabda Rasulullah SAW. Hendaklah mereka memanjangkan barang sejengkal dan janganlah menambahkan lagi keatasnya.
2.         Pakaian yang ketat menampakkan lekuk tubuhnya
Sesungguhnya, sebilangan ahli neraka ialah perempuan yang berpakaian tetapi telanjang yang condong pada maksiat dan menarik orang lain untuk melakukan maksiat. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. ( HR. Bukhari dan Muslim )
3.      Pakaian yang tipis / menerawang
Hadist yang diriwayatkan Imam Ahmad, Rasulullah SAW pernah memberi Usamah bin Zaid  Qubthiyyah ( pakaian dari kartun yang tipis ) yang kasar, tetapi usamah tidak memakainya dan ia berikan kepada istrinya. Nabi SAW. Bersabda, “ suruhlah ia memakai rangkapan (puring didalamnya), agar tidak terlihat lekuk-lekuk tubuhnya.”

Alhamdulillah, bagi wanita-wanita yang sudah mengenakan jilbab..semoga selalu istiqomah, dan selalu dapat menjaga kemaluannya..untuk yang belum …niatkan dalam hati, laksanakan dengan niat hanya karna Allah SWT..semoga kita semua termasuk dalam ahli surganya..Amin Ya Rabbal’alamin….

Wallahu’alam…..

Afwan, jika ada kesalahan dalam penulisan, ..mohon coreksinya…^^

Assalamu’alaikum…Wr…Wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar